Database Management for CRM
Judul Jurnal: Customer relationship management in practice - A qualitative study
Penulis : Julie Abbott, Merlin Stone, Francis Buttle
Penelitian
ini menjelaskan tentang hasil studi kualitatif mengenai penggunaan strategi
manajemen hubungan pelanggan berbasis data (CRM). Tujuh belas perusahaan
diselidiki dan tiga studi kasus pendek dipresentasikan. Seiring dengan meningkatnya
kualitas data, data berperan lebih besar dalam penerapan CRM karena data sangat
penting untuk menjaga hubungan pelanggan. Ditemukan bahwa data pelanggan yang akurat
sangat penting untuk keberhasilan kinerja CRM dan bahwa dukungan teknologi
untuk akuisisi data, analisis dan penerapan tidak tersebar luas. Data pelanggan
yang bersih memungkinkan strategi CRM menjadi lebih efektif dan efisien, namun
tidak semua perusahaan berinvestasi dalam meningkatkan kualitas data. Data
dikumpulkan dan terus diperbarui terutama oleh interaksi pribadi dengan
pelanggan serta melalui kampanye dan survei kepuasan pelanggan. Setiap
responden survei mendapatkan surat ucapan terima kasih atau kunjungan dari
manajer pelanggan. Survei dilakukan setiap hari agar jika ada masalah mengenai
kepuasan pelanggan dapat segera ditangani.
Tabel 1: Alat teknologi yang
digunakan untuk membantu pemasaran
Sumber:
Comments
Post a Comment